Sayur Lodeh Iwak Peyek ala Catering Jakarta Barat

Sayur Lodeh Iwak Peyek ala Catering Jakarta Barat

Kendati menyediakan menu sederhana dan familiar di lidah, namun kedai yang satu ini seolah menjadi pengobat rindu bagi para perantau yang ingin menyantap aneka masakan khas rumahan buatan ibu. Sesuai nama kedainya, menu andalan di sini adalah sego gunung. Seporsi sego gunung terdiri dari nasi dengan kuah lodeh manisa, tempe gimbal, dan rempeyek udang.

Sang pemilik kedai, Andreas, menjelaskan, konon sego gunung merupakan menu para kuli yang bekerja di kawasan Babat, Lamongan, Jawa Timur. “Sego gunung ini sebelumnya adalah menunya untuk para penambang kapur. Lauknya sederhana saja, nasi dan sayur lodeh. Mereka biasanya makan nasi ini saat beristirahat sambil melihat gunungan kapur. Maka, disebutlah sego gunung,” jelas Andreas. Uniknya, sayur lodehnya menggunakan manisa atau labu siam berkuah santan.

Cita rasanya sungguh nikmat dan gurih. Nasi dan sayur lodeh ini akan menjadi makin lezat rasanya ketika disantap dengan tempe gimbal atau tempe yang diiris tipis dan digoreng kering, plus renyahnya rempeyek udang yang diambild ari sungai. Jika merasa kurang puas dengan lauknya, jangan khawatir. Andreas juga menyediakan aneka lauk tambahan yang dijual terpisah, seperti jeroan babat, usus, dan limpa. Tersedia pula empal goreng dan oseng-oseng tahu tempe. Seporsi sego gunung harganya cukup terjangkau, hanya Rp 9 ribu per porsi. Sedangkan tambahan lauknya, mulai Rp 5 ribu sampai Rp 15 ribu.

Angkringan Kapok Lombok Rasa Enak, Harga Murah Meriah

Angkringan identik dengan kota Yogyakarta, tetapi di Surabaya juga kini Sajiers tak akan sulit menemukan tempat makan berkonsep angkringan. Seperti Angkringan Kapok Lombok yang berada di area GWalk. Angkringan ini tergolong modern karena interiornya tertata apik, bahkan pramusajinya mengenakan kebaya, serta tersedia area makan yang cukup luas.

Pikulan khas pedagang kaki lima akan langsung mencuri perhatian pengunjung saat memasuki kedai ini. Tak hanya itu, pengunjung pun akan langsung dimanjakan dengan beragam sajian yang menggugah selera. Dari aneka sate-satean, seperti telur puyuh, usus, kikil, hingga hati ampela ayam. Menu yang tersedia di sini pun tergolong bervariasi, tak hanya nasi kucing khas angkringan saja.

Sajiers juga bisa memesan seporsi nasi timlo, tahu tek, dan tentu saja nasi kucing dengan isi lauk suwiran ayam, empal, atau tuna berbumbu. Untuk menikmati sajian nasi kucing di sini, Sajiers juga bisa menambah lauk lain, seperti dadar jagung, sosis solo, bakwan udang, tahu berontak, dan masih banyak lagi. Soal harga, kendati kedai makan ini termasuk modern, namun termasuk ramah di kantong. Satu tusuk aneka sate-satean harganya Rp 3.500 dan sebungkus nasi kucingnya seharga Rp 6.500. Murah meriah, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *