Sistem Pendidikan di Perancis

Mengenal Struktur, Jenis dan Sistem Pendidikan di Perancis

Perancis menjadi negara yang menempati peringkat ke-3 di dunia yang banyak menerima mahasiswa internasional. Banyak mahasiswa asing yang memilih kuliah di Perancis karena kualitas universitasnya yang bagus dan biaya yang cukup terjangkau dibandingkan Amerika dan Inggris.

Baca Juga: Mengenal Demografi Negara Jerman

Selain itu, Perancis memiliki banyak daya tarik dari kebudayaan, kehidupan, serta kulinernya. Pemerintah Perancis sangat mendukung sistem pendidikan di Perancis dan berbagai penelitian sehingga fakultas – fakultas pendidikan tingginya menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Struktur Pendidikan Tinggi

Sistem pendidikan di Perancis mengacu pada pola pendidikan tinggi di Eropa, yaitu:

• Licence = S1
• Master = S2
• Doctorat = S3

Ketiga jenjang tersebut memperhitungkan semester akademik sejak masuk di perguruan tinggi dan penyetaraannya dengan sistem ECTS (European Credit Transfer System). ECTS merupakan sistem transfer kredit akademik Eropa, yang kita kenal dengan istilah Sistrem Kredit Semester (SKS) di Indonesia.

Mengenal Sistem Perkuliahan di Perancis

Tahun akademik universitas di Perancis secara umum dimulai pada bulan September – Oktober dan berakhir di bulan Mei atau Juni, namun hal ini tergantung dari masing – masing program dan uiversitas.

Perkuliahan di Perancis terbagi menjai 2 jenis yaitu kuliah umum dan tutorial dan kerja praktek. Kuliah umum diadakan di dalam satu ruangan yang berisi 100 sampai 1000 kursi dimana dosen memaparkan materi kuliah dan mahasiswa mencatat.

Sementara tutorial dan kerja praktek dilaksanakan dalam kelompok kecil dimana mahasiswa menggambarkan perkuliahan dengan praktek untuk memperdalam teori yang diberikan pada kuliah umum.

Jenis Institusi Sistem Pendidikan di Perancis

• Universitas Negeri

Universitas negeri di Perancis didanai oleh pemerintah sehingga biaya kuliahnya menjadi terjangkau dengan kualitas yang bagus. Itu sebabnya universitas negeri menjadi populer dan banyak mahasiswa internasional yang memilih universitas negeri di Perancis.

• Universitas Swasta

Universitas swasta biayanya lebih mahal dibandingkan universitas negeri. Namun, universitas swasta lebih banyak menawarkan program spesialis, serta pengajaran dan pelatihan yang terbaik di bidangnya. Biasanya universitas swasta lebih fokus di bidang seni dan sastra serta sains dan teknik.

• Grand Écoles

Jika universitas merupakan lembaga pendidikan yang komprehensif yang mencakup berbagai bidang dengan jumlah mahasiswa yang banyak dan terbuka bagi siapa saja yang sudah memiliki ijazah SMA, berbeda dengan Grand Écoles.

Grand Écoles merupakan institusi pendidikan tinggi berkualitas di samping universitas negeri dan swasta di Perancis yang merekrut jauh lebih sedikit siswa dengan proses yang sangat selektif.

Di Perancis, ada sekitar 250 Grandes Écoles yang tersebar, dan banyak diantaranya yang berdiri pada abad ke-18 dan 19. Grand Écoles bertujuan untuk melahirkan para insinyur teknik. Grand Écoles telah menjalin kerjasama yang kuat dengan berbagai universitas top di dunia lain seperti Harvard, Stanford, MIT, dan lainnya.

Secara umum Grand Écoles menawarkan gelar setara dengan gelar Master, seperti Master of Business Administration ( MBA ), Mastère Specialise (Ms), dan Master of Science ( M.Sc ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *