Kapasitas Maksimal dengan RAID 0 ala NET89

Kapasitas Maksimal dengan RAID 0 ala NET89

Kebutuhan akan storage dirasa kian meningkat. Ukuran standar storage kini sudah mencapai satuan terabyte. Menyikapi fenomena tersebut, Western Digital (WD) mengeluarkan solusi storage berukuran “raksasa”: WD My Book Duo 12 TB. Tampil dengan dimensi dan bobot yang besar pula, storage ini lebih ditujukan untuk penggunaan di lokasi yang statis. Walau pun berperan seperti hard disk eksternal, storage ini membutuhkan power tambahan selain yang didapat dari koneksi USB 3.0.

My Book Duo memiliki tampilan seperti tower. Di dalamnya, WD menggunakan dua buah WD Red Drive 6 TB, yang biasanya digunakan pada NAS. Di bagian depannya, My Book Duo memiliki tiga LED sebagai indikator power dan aktivitas kedua hard disk Red Drive tadi. Di bagian belakang, My Book Duo menyediakan dua port USB 3.0 yang berperan sebagai tambahan port bagi PC Anda. Anda dapat dengan mudah membuka My Book Duo. WD mengklaim bahwa pengguna dapat mengganti hard disk di My Book Duo dengan mudah.

Kenyataannya, tidak ada instruksi atau simbol petunjuk baik di manual atau di My Book Duo itu sendiri. Itu artinya, Anda perlu konsentrasi ekstra saat membongkarnya. Book Duo secara default menggunakan RAID 0. Yang akan tampil di PC Anda adalah satu drive NTFS berukuran 10,9 TB. Format NTFS cukup menyulitkan jika Anda ingin menggunakannya di PC berbasis Mac OSX atau Linux. Selain RAID 0, Anda dapat mengubahnya menjadi RAID 1 atau JBOD (Just Bunch of Disks). WD menyertakan aplikasi bawaan dan manual di dalam My Book Duo. WD juga melengkapi My Book Duo dengan Acronis True Image WD Edition (downloadable).

Selesai menginstal aplikasi bawaan, akan muncul WD SmartWare untuk keperluan back­up data. Aplikasi lainnya adalah WD Security (untuk mengunci My Book Duo dan enkripsi AES 256­bit berbasis hardware) dan WD Utilities. Pada WD Utilities, Anda dapat mengubah konfigurasi RAID, diagnosa hard disk (SMART, self­test, dan cek bad sector), mengatur sleep timer, menghapus data pada My Book Duo, dan registrasi produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *