Brownish Kepiting ala Catering Pernikahan Murah dan Enak di Jakarta

Brownish Kepiting ala Catering Pernikahan Murah dan Enak di Jakarta

Brownis super unik yang memiliki cita rasa gurih ini merupakan kreasi Suci Wirastama, yang menamai produknya Brownish Kepiting Sambal Ganas. Suci memaparkan, brownis gurihnya terbuat dari daging kepiting, telur kepiting, tahu, plus oats. “Bahan utamanya tahu yang dipanggang. Jadi biarpun saya memberinya nama brownis, makanan ini tidak hanya enak dijadikan kudapan, tapi juga sangat pas dijadikan lauk teman nasi,” papar Suci.

Agar cita rasa brownis kepitingnya sempurna di lidah, Suci menggunakan kepiting jenis rajungan yang dianggapnya sangat cocok dipadukan dengan tahu dan bahan lainnya. Apalagi, kepiting rajungan termasuk mudah ditemui di tempat tinggalnya, Balikpapan, Kalimantan Timur. Menurut Suci, kepiting rajungan terkenal memiliki daging yang manis dan gurih. Sehingga brownisnya menghasilkan cita rasa super lezat, termasuk saat disantap bersama sepiring nasi hangat.

Dibalut Abon Kepiting & Sambal Ganas

Dalam mengolah brownisnya, Suci menggunakan perbandingan 60:40, antara kepiting dan bahan lainnya. Hal ini dilakukannya agar cita rasa kepitingnya tetap terasa. Kelezatan brownis kepiting kian lengkap karena setelah keluar dari oven, Suci membalut brownisnya dengan abon kepiting ke seluruh permukaannya. Sebagai pelengkapnya, Suci menambahkan cocolan sambal ganas, yang terbuat dari buah naga, nanas, cabai, dan bumbu lain, yang rasanya pedas, gurih, dan segar. Hmm, sudah terbayang, bukan, kelezatannya! Di Balikpapan, brownis kepiting sudah cukup dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas bagi para pelancong yang berkujung ke kota ini.

Suci mengatakan, brownis kepiting sambal ganas mampu bertahan 2 hari di suhu ruang dan disarankan untuk disimpan di dalam lemari es bila tersisa. “Kalau mau dimakan lagi, tinggal dihangatkan di microwave atau dipanggang di atas pan. Jangan lupa, dicocol sambal ganas agar lebih mantap,” saran Suci seraya mengatakan, brownis kepitingnya dibuat dalam 3 varian ukuran. Ukuran kecil atau per slice, dibanderol Rp 20 ribu, medium Rp 45 ribu, dan besar Rp 75 ribu. Kendati banyak diminati, Suci membuat brownis kepiting sambal ganas berdasarkan pesanan saja. Menurutnya, brownis ini termasuk makanan basah, sehingga harus sangat dijaga kualitasnya. “Minimal pesan H -1. Jika ada yang butuh sore, paling lambat pesan di pagi harinya. Tak bisa dadakan karena saya tak punya ready stok,” pungkas Suci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *